Mungkinkah Indonesia Bisa Mengalami Resesi?

Ancaman resesi ekonomi makin dekat. Pelemahan perekonomian berbagai negara di dunia pun terjadi di sejumlah negara. Ancaman ini juga menghantui Indonesia.

Indonesia sendiri, menurut Wakil Ketua Umum Bidang Moneter, Fiskal, dan Kebijakan Publik Kamar Dagang Industri (Kadin) Raden Pardede hingga kini belum mengalami tanda-tanda resesi.

Lantas memangnya apa saja tanda-tanda sebuah negara mengalami resesi perekonomian?

Raden menjelaskan secara teknis resesi terjadi apabila pertumbuhan ekonomi sebuah negara mengalami pelemahan selama dua kuartal berturut-turut.

“Secara teknis resesi ekonomi adalah pertumbuhan negatif dua kuartal secara berturut-turut. Kita belum melihat tanda tanda sama sekali (di Indonesia),” kata Raden kepada detikcom, Minggu (29/9/2019)

Tanda yang lebih konkret menurut Raden adalah daya beli masyarakat yang jatuh hingga jumlah pengangguran yang meningkat. Resesi jelas terjadi kalau Indonesia mengalami hal tersebut.

“Daya beli jatuh, jumlah Pengangguran pun meningkat tajam,” ucap Raden.

Sebelumnya, Direktur Riset CORE Indonesia Piter Abdullah mengungkapkan bahwa resesi ekonomi bisa membuat masyarakat kehilangan penghasilan yang berujung pada pelemahan daya beli. Pasalnya, kalau resesi sudah terjadi banyak perusahaan yang akan tutup dan otomatis karyawan pun di-PHK.

“Dengan perlambatan ekonomi, beberapa perusahaan bisa tutup, bisa terjadi PHK, terjadi penurunan penjualan dan juga income,” kata Piter saat dihubungi detikcom, Jakarta, Kamis (26/9/2019). (Herdi Alif Alhikam/detik.com)

redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Negara yang Berpotensi Mengalami Resesi

Sun Sep 29 , 2019
Resesi alias pelemahan ekonomi sedang panas dibicarakan di mana-mana. Secara teori, resesi terjadi apabila perlambatan aktivitas ekonomi dalam dua kuartal berturut-turut atau lebih dalam satu tahun. Pada dasarnya, jika suatu negara resesi tentu akan berdampak pada negara lain. Pasalnya, satu negara dengan negara lain dihubungkan oleh kegiatan perdagangan dan investasi […]
error: Content is protected !!
FISCAL.ID