Jualan Madu Modal Dengkul

Ikut Kompetisi Menulis Artikel MWC Yuk

Pagi itu, istri saya memutuskan untuk resign sebagai guru dari tempat mengajarnya di SDIT Darussalam Tulungagung. Padahal ia sudah dikenal baik oleh guru dan murid di sekolah tersebut. Bahkan ketika ia berpamitan di depan murid kelas 3, beberapa murid menangis sesenggukan. Mereka tak ingin guru yang dicintainya pergi dari sekolah tempat mereka belajar. Tekad istri saya untuk resign sangat keras. Tangis anak-anak didiknya itu tak membuat hatinya goyah.

Setelah resign, istri saya berbisnis baju muslimah dan kerudung. Modal awalnya Rp5 juta. Istri saya membeli baju 2 karung dari Probolinggo, Jawa Timur. Ia kemudian membeli manekin dan barang-barang pendukung lain sebagai etalase. Ia juga aktif berselancar di dunia maya untuk memasarkan dagangan kepada teman-temannya, fokus di platform media sosial instagram dan whatsapp.

Istri saya hanya bertahan selama 3 bulan karena harus dirawat di rumah sakit karena kelelahan. Sejak saat itu, ia tak punya gairah untuk melanjutkan usahanya. Semua stok baju yang ada ia bagi-bagikan gratis kepada sanak famili. Ia mencoba ikut kursus bahasa inggris mengisi waktu yang ada sambil membaca buku.

Setahun kemudian istri saya melahirkan seorang putri yang cantik jelita. Kami menamainya Khadijah Shaqueena Habibi dengan harapan kelak ia akan menjadi anak sholehah sebagaimana istri Nabi Muhammad SAW. Aktivitas istri lalu berubah menjadi momong anak.

Sejak anak sudah mulai aktif, istri kepikiran untuk berjualan lagi. Namun waktu itu modal kami sudah habis. Istri lalu mendapatkan informasi Produk Dropship di instagram yaitu madu kesehatan penambah imun Clover Honey dari HDI Natural. Meski harganya mahal tetapi khasiatnya sangat dirasakan oleh banyak orang. Dan satu lagi, istri memulai bisnis dengan modal dengkul alias tanpa keluar duit sepeserpun.

Jualan Madu Modal Dengkul, Sistem Dropship dan Pesanan (@queenstore.hdi)

Menurut Sulianta dalam bukuberjudul  Terobosan Berjualan Online, pengertian dropshipping yaitu salah satu metode jual beli secara online, di mana badan usaha atau perorangan baik itu toko online atau pengecer (dropship) tidak melakukan penyetokkan barang, dan barang didapat dari jalinan kerja sama dengan perusahaan lain yang memiliki barang yang sesungguhnya atau yang disebut dropshipper.  Secara istilah dropshipping adalah metode jual beli secara online, dropship adalah istilah bagi toko online, dan dropshipper adalah perusahaan yang menawarkan barang dagangan untuk dijual yang akan mengirim barang langsung kepada konsumen setelah toko online membayar harga barang dan biaya pengiriman.

Metode dropshipping dilindungi hukum secara legal karena sudah termasuk ke dalam transaksi elektronik yang dilindungi Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan juga KUH Perdata pasal 1320 tentang syarat sah perjanjian, dalam hal ini perjanjian transaksi elektronik. Mekanisme transaksi yang menggunakan media elektronik sebenarnya adalah perikatan atau pun hubungan hukum yang dilakukan secara elektronik dengan memadukan jaringan (networking) dari sistem informasi berbasis komputer dengan sistem komunikasi yang berdasarkan atas jaringan dan jasa telekomunikasi, yang selanjutnya difasilitasi oleh keberadaan jaringan komputer global internet.

Dalam hal ini Clover Honey merupakan Produk Dropship yang dijual oleh istri saya. Sistem networking dengan memanfaatkan internet ini kerap kita temukan dalam ecommerce nasional. Mereka memanfaatkan komunikasi digital untuk mendukung sistem kerja yang mengglobal. Istri saya mendapatkan konsumen juga awalnya dari internet.

Untuk omzet per bulan juga lumayan. Sekelas istri saya yang baru membuka bisnis ini bisa mendapatkan Rp7 juta dalam sebulan. Tinggal menjaga jaringan silaturahmi antar teman dan konsumen saja. Sering berinteraksi meski dalam berupa chatting via whatsapp atau DM instagram. Kemudian sering posting foto promosi baik di feed atau story untuk menunjukkan kalau kita ini masih eksis dan bisnis tetap jalan. Selain itu kita juga bisa memanfaatkan jaringan dari tetangga atau saudara dalam lingkaran pertemanan mereka. Jika mereka dapat menjual produk bisnis kita, akan diberikan bonus.

Kendalanya adalah kita harus meluangkan lebih banyak waktu untuk mengelola rekan bisnis terutama membalas pertanyaan dan pesanan dari mereka. Jadi perlu ada waktu khusus atau jam kerja biar tidak mengganggu aktivitas harian terutama dalam mengurus keluarga dan anak. Selebihnya hal ini menyenangkan sebab kita tidak harus mempunyai toko secara offline dan barang-barang tidak perlu ditumpuk di rumah.

Kemarin saya menemukan Website Dropship yang memungkinkan istri saya agar lebih mudah jualan online. Namanya Mangdropship, platform jual beli dengan sistem dropshipping yang memudahkan pelaku dropshipper dalam menjalankan bisnisnya. Mangdropship dapat menjadi perantara berjualan di ecommerce sehingga lebih mudah karena hanya dengan satu resi saja. Selain itu banyak fitur yang memudahkan dan para dropshipper di Mangdropship juga akan mendapatkan website tokonya secara gratis. Di tengah kondisi nasional yang masih terkena wabah pandemi, sistem ini dapat menjadi alternatif untuk menghasilkan uang tambahan dan membantu UMKM agar jualannya lebih laku.

Join yuk.

Rosyid Bagus Ginanjar Habibi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Sarung Santri di Istana Negara

Fri Oct 22 , 2021
Ada kebiasaan baru yang beberapa tahun terakhir tampak berbeda di Istana Wakil Presiden RI  jalan Merdeka Selatan. Salah satunya sarung yang kerap dipakai Kyai Ma’ruf Amin dalam acara formal kenegaraan maupun aktivitas sehari-hari. Siapa sangka, sarung yang awalnya identik dengan kalangan santri tradisional kini menjadi barang modern dan sering terlihat […]
error: Content is protected !!
FISCAL.ID